You're Here: Home » Diet » 5 Manfaat Terung Sebagai Makanan Diet

5 Manfaat Terung Sebagai Makanan Diet

|    Diet| Shares: 0

Ledisia.com – Siapa yang nggak mengenal terung atau terong, Ledis? Buah berbentuk bulat panjang dan berwarna ungu ini mudah sekali dijumpai di supermarket maupun pasar-pasar tradisional. Ia pun biasa diolah menjadi aneka masakan, seperti terung balado dan terung goreng krispi.

Tapi, ternyata terung nggak cuma bermanfaat sebagai bahan makanan yang enak disantap, lho. Diam-diam, terung punya sejumlah manfaat sebagai makanan diet. Nah, berikut beberapa manfaat dari segigit buah yang satu ini!

 

1. Terung merupakan makanan yang rendah kalori

pixabay.com

pixabay.com

Kalau kamu termasuk salah satu penggemar terung, nggak perlu was-was untuk makan terung dalam jumlah banyak. Pasalnya, sebagai salah satu sumber karbohidrat, terung hanya mengandung kalori sebesar 20 kkal per cangkirnya dan tidak mengandung lemak.

Tapi, hal ini nggak berlaku terhadap terung yang dimasak dengan cara digoreng, ya. Sebab, terung goreng sudah mengandung lemak dari minyak yang diserapnya. Sesekali sih nggak apa-apa, tapi jangan keseringan mengkonsumsi terung goreng kalau kamu hendak menghalau ekstra lemak di tubuhmu.

 

2. Buah ini juga kaya akan serat

pixabay.com

pixabay.com

Kamu pasti sudah memahami pentingnya serat untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus menurunkan berat badan. Kabar baiknya, terung juga kaya akan kandungan serat. Secangkir terung mengandung 2,5 gram serat yang setara dengan sebutir apel. Dengan mengkonsumsi terung secara rutin, kamu bakal merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari sembelit, deh!

 

3. Nggak hanya itu, antioksidan dalam terung juga nggak bisa diremehkan

pixabay.com

pixabay.com

Ya, kandungan antioksidan pada terung memang tergolong tinggi. Terung mengandung senyawa asam klorogenat yang mampu menghambat radikal bebas serta menurunkan kadar kolesterol. Nggak cuma itu, ada pula senyawa nasunin, suatu senyawa antioksidan yang mampu mencegah proses angiogenesis dalam tubuh.

Angiogenesis merupakan keadaan berkembangnya pembuluh darah serta masuknya suplai darah ke sel. Kebayang apa jadinya bila hal ini terjadi pada sel kanker, tentu sel tersebut dapat berkembang dengan cepat. Jadi, bisa dibilang jika antioksidan dalam terung dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

4. Terung juga mengandung vitamin dan mineral

pixabay.com

pixabay.com

Di dalam sepotong terung terkandung pula berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuhmu. Vitamin yang bisa kamu temukan dalam buah ini antara lain vitamin A dakam bentuk beta-karoten, vitamin B, asam folat, vitamin C, serta vitamin E yang baik bagi kesehatan kulitmu. Selain itu, sejumlah mineral penting juga bisa kamu dapatkan, antara lain seperti kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

 

5. Rasanya lezat untuk disantap

pixabay.com

pixabay.com

Jika menu makanan diet lain biasanya terasa hambar, lain halnya dengan terung. Buah ini dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat, baik itu dipanggang, ditumis, disayur, maupun dimasukkan ke dalam sup. Tapi, sebaiknya kamu nggak memakannya mentah-mentah, ya. Soalnya terung mentah mengandung senyawa alkaloid bernama solanin yang bila masuk ke tubuh dapat menimbulkan sakit perut dan sakit kepala.

 

Nah, itu dia sejumlah manfaat terung sebagai makanan diet. Yuk sediakan buah ini di kulkasmu, Ledis!

Tips: Turun 3-5Kg Dalam Sebulan Tanpa Olahraga Secara Alami. Seluruh tips yang akan Anda terima merupakan rekomendasi pakar kesehatan, dr. Boyke Dian Nugraha..
Apakah anda siap membaca informasi ini?